Selamat Datang Di Website Resmi Tribrata News Polres Kulonprogo KAMI MEMANG BELUM SEMPURNA, TAPI KAMI BERUSAHA UNTUK MENJADI YANG TERBAIK

Entri yang Diunggulkan

Sambang Kalurahan, Panit Binmas Polsek Kalibawang Sampaikan Himbauan Kamtibmas

    Kalibawang- Panit Binmas Polsek Kalibawang Iptu Sudari bersama dengan Unit Binmas Polsek Kalibawang   melaksanakan giat sambang Kalura...

Kamis, 19 Januari 2017

Kenali Radikalisme Dan Terorisme

Hasil gambar untuk stop radikalisme dan terorisme di indonesia


Dewasa ini kata radikalisme dan terorisme merupakan kata yang sering ditemukan di media massa. Kedua kata itu selalu dikaitkan dengan tindak kekerasan seperti peledakan bom di beberapa tempat maupun penyerangan secara langsung. Tidak hanya itu saja, kedua kata ini selalu saja dikaitkan dengan Agama Islam. Seolah-olah Agama Islam mengajarkan tentang radikalisme dan terorisme. Benarkah demikian ? Sebelum anda terjerumus dengan pemahaman ini, pahami dulu apa itu radikalisme dan terorisme.

Radikalisme adalah suatu sikap yang mendambakan perubahan secara total dan bersifat revolusioner dengan menjungkirbalikkan nilai-nilai yang ada secara drastis lewat kekerasan dan akal-akal yang ekstrim. Sedangkan terorisme adalah suatu tindakan yang memiliki tujuan politik, hukum, sosial maupun ekonomi dengan menggunakan tekanan, ancaman, intimidasi atau kekerasan terhadap masyarakat atau suatu wilayah atau suatu negara tertentu sebagai pembenaran untuk mencapai tujuannya.

Sedangkan menurut Perpu nomor 1 tahun 2003 yang dimaksud dengan terorisme adalah "setiap tindakan dari seseorang yang dengan sengaja menggunakan kekerasan atau ancaman kekerasan yang menimbulkan suasana teror atau takut terhadap orang secara meluas atau menimbulkan korban yang bersifat masal dengan cara merampas kemerdekaan atau hilangnya nyawa dan harta benda orang lain, atau mengakibatkan kerusakan atau kehancuran terhadap obyek-obyek vital yang strategis atau lingkungan hidup atau fasilitas publik atau fasilitas internasional."

Berkaitan dengan pengertian diatas, lalu apakah benar Agama Islam demikian ? Sebagai masyarakat dan warga negara tentu kita paham bahwa tidak ada satu agama pun yang mengajarkan kekerasan, penghancuran ataupun pembunuhan kepada umatnya. Semua agama mengajarkan toleransi, kasih sayang, empati, keamanan dan ketentraman kepada umatnya. Demikian juga agama Islam, Islam sejatinya adalah agama yang memberikan keamanan, kenyamanan, ketenangan dan ketentraman bagi semua makhluknya. Islam tidak pernah mengajarkan umatnya untuk membenci dan melukai makhluk lain.

Pemahaman yang dangkal terhadap agama Islam mengakibatkan beberapa orang melakukan tindakan yang justru menyimpang dari akidah agama Islam itu sendiri. Karena itu jika anda tidak ingin terlibat atau tudak menginginkan radikalisme dan terorisme berkembang di negeri ini, tingkatkan keimanan dan pahami lebih dalam tentang Islam yang benar. Agama Islam bukan agama radikal dan teroris! Stop Terorisme dan Radikalisme.


0 komentar:

Posting Komentar