Selamat Datang Di Website Resmi Tribrata News Polres Kulonprogo KAMI MEMANG BELUM SEMPURNA, TAPI KAMI BERUSAHA UNTUK MENJADI YANG TERBAIK

Sabtu, 25 Februari 2017

Satlantas Polres Kulonprogo Bentuk Komunitas Peduli Laka Lantas



Tingginya angka laka lantas yang terjadi di Kulon Progo membuat kepolisian setempat bergerak cepat. Guna meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan, Satlantas menggandeng pelajar dengan harapan bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

”Kemarin Jumat (24/02) kita habis mengumpulkan para kepala sekolah dan ketua OSIS tingkat SMU se-Kulon Progo terkait forum komunitas OSIS peduli tertib dan laka lantas. Itu merupakan upaya untuk agar para pelajar ikut serta dalam memberikan inovasi dan kontribusi terutama anak sekolah yang banyak membawa kendaraan bermotor,” terang Kasat Lantas Polres Kulon Progo, AKP Imam Bukhori, sabtu (25/02/2017).

Polisi lalu lintas (Polantas), kata dia, memberikan penyuluhan dan kesadaran kepada pelajar sehingga bisa menjadi generasi pemuda yang sopan serta tertib akan berlalu lintas.


”Mereka-mereka ini juga nantinya menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Dimana sudah banyak korban serta pelaku laka lantas dari kalangan pelajar yang merupakan usia remaja,” tegasnya.

”Pelajar melalui OSIS yang kita himpun dan kumpulkan se-Kulon Progo kita arahkan turut membantu memberikan kreasi, inovasi serta sebagai pelopor bisa memberikan dan menegur sesama pelajar akan bahaya membawa kendaraan bermotor yang belum cukup umur dan belum punya SIM,” lanjutnya.

Tak hanya pelajar, AKP Imam juga menyebutkan peran penting kepala sekolah dalam menekan angka laka lantas atas pelajar. Dia berpendapat bila sekolah mendukung program keselamatan berkendara mestinya tidak akan memperbolehkan siswanya berkendara sebelum waktunya.

”Untuk para kepala sekolah juga bisa menjadi pendukung untuk di sekolah, sehingga memberikan pengetahuan dan himbauan kepada orangtua siswa bahaya akan membawa kendaraan bermotor yang belum memiliki SIM,” ungkapnya.

Diketahui, periode awal Januari hingga 24 Februari 2017, Satlantas Polres Kulon Progo mencatat ada 57 peristiwa laka lantas terjadi di wilayah hukum Polres Kulon Progo. Kecelakaan tersebut menyebabkan 134 orang mengalami luka ringan, 1 luka berat dan 6 orang dilaporkan meninggal dunia.

0 komentar:

Posting Komentar