Selamat Datang Di Website Resmi Tribrata News Polres Kulonprogo KAMI MEMANG BELUM SEMPURNA, TAPI KAMI BERUSAHA UNTUK MENJADI YANG TERBAIK

Entri yang Diunggulkan

Kapolsek Nanggulan Hadiri Safari Jum'at Tingkat Kabupaten Kulon Progo

    Nanggulan_ Kapolsek Nanggulan Kompol Agus Setyo Pambudi, S.H.,  menghadiri giat Safari Jum'at Tingkat Kabupaten Kulon Progo yang dis...

Jumat, 30 Desember 2016

Upacara HUT Satpam Ke 36 Di Polres Kulonprogo



Upacara Hari Ulang Tahun Satpam ke 36 yang rencananya dilaksanakan di halaman depan Polres Kulonprogo digeser ke Aula Polres Kulonprogo karena hujan yang tak kunjung reda, Jum'at (30/12/2016) yang dihadiri oleh Kapolres Kulonprogo AKBP Nanang Djunaedi beserta Forkompimda Kabupaten Kulonprogo.

PJ Bupati Kulonprogo Ir. Budi Antono selaku Inspektur Upacara dengan tema "Kita tingkatkan kompetensi profesional Satpam Indonesia dengan melalui pelantikan dalam rangka pelaksanaan tugas secara profesional, modern dan terpercaya (Promoter) guna menciptaan stabilitas keamanan dan ketertiban lingkungannya" dimulai pukul 08.00 wib.


Dalam upacara tersebut, Ir. Budi membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Dalam amanatnya, Kapolri mengatakan peringatan HUT Satpam ke 36 yang dilaksanakan secara serentak di polres-polres dimaksudkan untuk mengetahui penggelaran potensi satuan pengamanan swakarsa di wilayahnya masing- masing, sebagai mitra keseharian dalam mengemban fungsi kepolisian di lapangan.

Pada kesempatan yang baik ini, Kapolri ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel satuan pengamanan dimanapun bertugas, atas segala dukungan maupun partisipasi aktif dalam rangka memelihara keamanan di lingkungan kerjanya.

Selanjutnya, Kapolri juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada seluruh personel satuan pengamanan. Melalui peringatan hari ulang tahun Satpam ini, hendaknya dapat dijadikan sebagai sarana untuk melakukan instropeksi dan evaluasi terhadap kinerja yang telah dilakukan.


Prioritas penyiapan anggota Satpam yang profesional dan memiliki keunggulan bersaing dengan security profesional asing, semakin mendesak untuk direalisasikan khususnya pada 12 (dua belas) spesialis industrial security guna mengantisipasi inovasi “security profesional” asing, sebagai konsekuensi dari adanya 12 sektor prioritas mea 2015 yang disebut sebagai free flow of skilled labor (arus bebas tenaga kerja terampil).

Kapolri mengingatkan bahwa posisi atau jabatan security pada industri strategis dan objek vital nasional memerlukan orang yang berkualitas dan memiliki kompetensi serta profesionalisme yang tinggi. Hal ini menjadi penting karena dalam era kompetisi saat ini, setiap individu dituntut untuk dapat menampilkan kinerja yang terbaik.

Menyikapi hal tersebut, diperlukan upaya bersama untuk dapat semakin meningkatkan kemampuan personel Satpam dalam menghadapi setiap tantangan tugas dan permasalahan yang ditemukan di lapangan.

Untuk itu, Kapolri memberikan apresiasi terhadap berbagai upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan para personel Satpam, melalui pelatihan dan simulasi serta kursus spesialisasi di bidang industrial security, baik pada jenjang gada pratama, gada madya maupun gada utama.

“Saya yakin dan optimis, melalui upaya yang sinergis, simultan, dan berkesinambungan dari seluruh stakeholder industrial security dalam peningkatan kompetensi profesi Satpam sebagaimana yang telah saya jelaskan, kinerja satuan pengamanan akan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” imbuh Kapolri.


Selanjutnya, Kapolri ingin mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada 99 pimpinan BUMN dan perusahaan yang mengelola objek vital dan objek vital nasional, yang telah mendapatkan sertifikat, maupun sedang dalam proses menerapkan standar tata kelola pengamanan swakarsa berdasarkan peraturan Kapolri nomor 24 tahun 2007.

Sebelum mengakhiri amanatnya, kepada seluruh anggota Satuan Pengamanan, Kapolri menyampaikan beberapa hal untuk dipedomani dan dilaksanakan, yaitu :
  1. Pelihara dan mantapkan komitmen moral sebagai salah satu pengemban fungsi kepolisian, yang memegang teguh kode etik dan kehormatan anggota Satpam;
  2. Bersikap tegas dan cermat dalam menjaga keamanan serta menegakkan ketertiban di lingkungan kerja;
  3. Berinisiatif untuk pengembangan kemampuan teknik dan taktik baik kepolisian terbatas maupun industrial security;
  4. Selalu waspada dan mampu mendeteksi adanya potensi gangguan terhadap proses bisnis organisasi;
  5. Lakukan upaya preventif yang konstruktif dan kreatif, dalam mencegah dan mengeliminir segala bentuk gangguan kamtibmas;
  6. Lakukan tindakan penegakan hukum terbatas apabila dibutuhkan, secara profesional dan proporsional sesuai aturan hukum yang berlaku;
  7. Tingkatkan komunikasi, koordinasi dan kemitraan dengan petugas kepolisian setempat dan instansi terkait di lapangan, agar dapat mengantisipasi perkembangan gangguan kamtibmas di lingkungan kerja sedini mungkin.
“ Akhirnya, selaku pimpinan Polri, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh komunitas sekuriti, anggota Satpam, pimpinan badan usaha jasa pengamanan, asosiasi bidang pengamanan serta seluruh stakeholder, atas dedikasi dan kerja samanya dalam menumbuh kembangkan pengamanan swakarsa menjadi satu standar sistem manajemen pengamanan di indonesia yang diakui oleh masyarakat dunia,” pungkas Kapolri.


Upacara yang diikuti oleh pasukan upacara yang terdiri dari Anggota Polres Kulonprogo, Satpam Kulonprogo, Satpol PP Kulonprogo, Rutan Kulonprogo, Senkom Kulonprogo, Saka Bhayangkara Kulonprogo dan awak Siskamling Kulonprogo berlangsung aman dan tertib.

Dalam kesempatan ini Bupati Kulonprogo memberikan penghargaan kepada perwakilan anggota Satpam yang berprestasi.


Humas Polres Kulonprogo

0 komentar:

Posting Komentar