Selamat Datang Di Website Resmi Tribrata News Polres Kulonprogo KAMI MEMANG BELUM SEMPURNA, TAPI KAMI BERUSAHA UNTUK MENJADI YANG TERBAIK

Minggu, 22 Mei 2016

Polsek Kokap Pengamanan Peresmian Perdana Pentas Angguk


Kulonprogo- Dipimpin oleh Kasi Humas Polsek Kokap Aiptu Ngadirin,  Polsek Kokap melaksanakan pengamanan  peresmian perdana pentas seni angguk di Sangkrek Hargorejo Kokap Sabtu 21 Mei 2016 pukul 21.00 wib.



Tari Angguk masuk ke Kulon Progo sekitar tahun 1950. Awalnya, tarian ini dimainkan sebagai tarian pergaulan para remaja dan biasa digelar setelah musim panen tiba sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan. Ketika masuk ke Kulon Progo, tarian ini dimainkan oleh kaum laki-laki. Tetapi sekitar tahun 1970, terjadi pergeseran sehingga dimainkan oleh kaum perempuan dengan dirintisnya beberapa kelompok kesenian Tari Angguk putri. Belum ditemukan keterangan yang jelas alasan perubahan penari tersebut. Faktor komersialisme dan hiburan barangkali menjadi tolok ukur perubahannya, karena tidak dapat dipungkiri bahwa dalam dunia hiburan penari perempuan lebih menarik jika dibandingkan dengan pria.

Humas Polsek Kokap

0 komentar:

Posting Komentar