Selamat Datang Di Website Resmi Tribrata News Polres Kulonprogo KAMI MEMANG BELUM SEMPURNA, TAPI KAMI BERUSAHA UNTUK MENJADI YANG TERBAIK

Entri yang Diunggulkan

Jaga Keamanan Wilayah, Personel Polsek Pengasih Laksanakan Patroli

   Polsek Pengasih melaksanakan Patroli di Jalan Pengasih - Sermo pada malam hari yang dipimpin Pawas Aiptu Haryadi bersama anggota Unit sam...

Kamis, 14 September 2023

Baharkam Polri Kunjungi Omah Jaga Warga Banguncipto Sentolo Kulonprogo

 


 


Kulonprogo - Bertempat di Aula Kantor Kalurahan Banguncipto Sentolo telah berlangsung kegiatan kunjungan dari peserta Rakernis Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri Tentang Polisi RW dan Jaga warga, Kelompok jaga warga dan omah jaga warga. Kegiatan ini dipimpin oleh Direktur Pamobvit Korsabhara Baharkam Polri, Brigadir Jenderal Polisi Suhendri, SH, S.I.K,  dan perwakilan Direktur - Direktur 34  Polda dibawah naungan Badan Pemeliharaan Keamana. Rabu (13/09/2023) malam .

Hadir dalam Kegiatan tersebut Direktur Pamobvit Korsabhara Baharkam Polri, Brigadir Jenderal Polisi Suhendri, SH, S.I.K, Direkrut Polair Korpolairud Baharkam Polri, Brigadir Jenderal Polisi Mohammad Yassin Kosasih, S.I.K, M.SI,  Brigadir Jenderal Polisi Dody Marsidy M.Hum, Anjak utama bidang Sabhara Baharkam Polri dan tim dari Bahrkam Polri,  serta beberapa pendamping dari PJU Polda DIY.

Tim penyambutan dari Kabupaten Kulonprogo anatara lain Wakapolres Kulonprogo Kompol Riko sanjaya S.H.,S.I.K mewakili Kapolres Kulonprogo,  PJ. Bupati Kulonprogo Ibu Ni Made Dwipanti Indrayanti, ST, Mt, Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo, Akhid Nuryati, SE.,  Dandim 0731 Kulonprogo, Letnan Infanteri Yefta Sanhkakala, S.Sos,  Lurah Banguncipto, Bapak Boiran, S.Pd.,S.H.,M.A., Pamong Kelurahan Banguncipto, dan Polisi Rw Kelurahan Banguncipto.

Rombongan Baharkam Polri beserta rombongan tiba dan disambut oleh Lurah banguncipto beserta Ibu Pj. Bupati dan pengalungan bunga. Pada saat yang bersamaan tim tersebut menyaksikan  persembahan lagu iringan musik  "TEK-TEK"  oleh sanggar Banguncipto. Tek tek ini memakai kentongan yang dahulunya merupakan sakah satu alat komunikasi tradisional yang pada saat ini dikreasikan untuk hiburan yang menggambarkan bahwa jawa warga sangat kompak dan dinamis dalam menjaga situasi keamanan dengan menggerakkan seluruh lapisan masyarakat.

 Melanjutkan kunjungan ini tim melakukan peninjauan UMKM Warga Banguncipto.  Selain gotong royong yang masih sangat kental, kreatifitas warga Banguncipto cukup diakui dalam meningkatkan taraf hidupnya melalui UMKM dan Kuliner khas Kulonprogo. Upaya peningkatan taraf hidup ini  terlihat sangat maju dan berkembang pesat. Mulai dari kerajianan tas raut dan  Kain batik  tenun sampai dengan kuliner olahan makanan tradisional. Penjaga Stan UMKM terlihat sumringah ketika para peserta rakernis mulai memborong dan melarisi seluruh stand UMKM.

Menuju acara inti tim kunjungan dari baharkam masuk ke dalam Omah jagawarga Kelurahan Banguncipto diterima oleh Bapak Tri Laksono ketua omah jagawarga dan memberi penjelasan omah jagawarga dan tugasnya. Selanjutnya dilakukan peninjauan kelengkapan  Omah Jagawarga dan pendalaman  terkait Jaga warga ke aula Kelurahan Banguncipto.

Susasana santai pun mengalir, kegiatan dalam aula tertata dengan suasana jagongan (duduk lesehan). Sangat terlihat kedekatan antara hadirin yang hadir dalam Aula tersebut. Dalam sambutanya Lurah Banguncipto, Bapak Boiran, S.Pd.,S.H.,M.A. megatakan bahwa terbentuknya Jaga warga ini merupakan satu amanah dari Undang-Undang keistimewaan yang di mana salah satu Amanah ini adalah membentuk sebuah kelembagaan di tingkat kabupaten Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta mengeluarkan peraturan Gubernur nomor 28 tahun 2021 dan kemudian ada revisi melalui keputusan Gubernur juga ini nomor 59 Tahun 2022 tentang pokok fungsi dan tugas komnas  jaga warga dan kelompok satu warga.

“Jaga warga memperkuat dan melakukan kolaborasi dan koordinasi. Sehingga apa  yang menjadi program  pemerintah yang sampaikan ke pemerintah kalurahan Banguncipto ini akan selalu dimusyarahkan oleh semua lembaga termasuk Omah jaga warga dan kelompok satu warga ini, dari mendukung program pemerintah,  sampai dengan masalah-masalah sosial, masalah - masalah yang mengganggu ketertiban keamanan dan terkait kesejahteraan warga masyarakat ini.” Kata Lurah Banguncipto

Sementara itu Direktur Pamobvit Korsabhara Baharkam Polri, Brigadir Jenderal Polisi Suhendri, SH, S.I.K dalam sambutanya mengatakan satu hal yang saya anggap luar biasa adalah sudah diterbitkannya Pergub nomor 59 Tahun 2022 keluarga ini satu langkah yang luar biasa dari Bapak Gubernur sehingga mungkin bagi teman-teman pemerintah daerah setempat masing-masing apabila bisa ini mungkin juga di ATM diamati ditiru dan modifikasi disesuaikan dengan budaya lokal masing-masing
“Bahwasanya Jaga warga  sudah bisa mengidentifikasi masalah dan  bisa mencarikan solusi pemecahan masalah konflik sosial walaupun dengan skala kecil’ kata Direktur Pamobvit Korsabhara Baharkam Polri,

“Mari kita bersatu padu melakukan pembangunan kalau pembangunan lancar ekonomi akan  bertumbuh tentu nanti impactnya kepada masyarakat akan sejahtera” pungkas Direktur Pamobvit Korsabhara Baharkam Polri,

Disela sela kesibukan menerima kunjungan tersebut Wakapolres Kulonprogo menyampaikan  "Kami sangat bangga bahwa wilayah kami menjadi salah satu tempat yg dikunjungi peserta Rakernis, yang dari hasil kunjungan ini akan diadopsi diwilayah masing-masing, kunjungan ini tentunya menjadi motivasi kami untuk selalu mengobarkan semangat sinergitas pengamanan terpadu Polisi RW/Polisi jaga warga dalam sistem pengamanan omah jaga warga untuk menjaga Keamanan kondusif di Kabupaten Kulonprogo", pungkas Kompol Riko.

Kegiatan dilanjutkan dengan Ramah tamah, diselingi Karawitan Sanggar Banguncipto budoyo, Salah satu peserta Rakernis dari Polda Kaltim turut berkolaborasi membawakan lagi langgam jawa yang bertajuk mbudidoyo kemanan, sangat terpadu serasi. Merangkai acara berkutnya  Penyerahan cidera mata dan diakhiri dengan foto bersama.

0 komentar:

Posting Komentar