Selamat Datang Di Website Resmi Tribrata News Polres Kulonprogo KAMI MEMANG BELUM SEMPURNA, TAPI KAMI BERUSAHA UNTUK MENJADI YANG TERBAIK

Entri yang Diunggulkan

KAPOLSEK KALIBAWANG HADIRI PENGAJIAN RUTIN TINGKAT KAPANEWON

    Kalibawang - Hari ini Rabu tanggal 08 Mei 2024, Kapolsek Kalibawang AKP Zainuri, S.H., M.H., menghadiri pengajian Rutin Aparat tingkat K...

Kamis, 13 Juli 2023

Peduli Lingkungan, Ratusan Personel Polres Kulonprogo Lakukan Gerakan Bersih Pantai e

 

 


Kulonprogo - Polres Kulonprogo menggelar aksi peduli lingkungan dengan membersihkan sampah di sepanjang Pantai Glagah, Pantai Trisik hingga Pusat-pusat keramaian di Kabupaten Kulonprogo, Kamis (13/7/2023).

 

Kegiatan dengan mengusung tema “Membersihkan Sampah Seretak Bersama Polri” ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dengan merujuk pada Program Prioritas Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

 

Dengan menggandeng TNI, Tokoh masyarakat, generasi milenial (gen z), Pokdarwis (kelompok sadar wisata), komunitas peduli wisata, pelaku usaha hingga pengunjung, ratusan personel Polri dan partisipan ini gotong-royong menyisir pinggiran Pantai untuk membersihkan sampah.

 

Kegiatan yang dimulai dari pagi hingga siang hari ini, dipimpin langsung oleh Kapolres Kulonprogo AKBP Nunuk setiyowati, S.I.K., M.H., yang diikuti PJU hingga personel Polsek Jajaran.

 

Di sela aktivitas, AKBP Nunuk menyampaikan bahwa kegiatan yang kita lakukan ini sebagai bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan, salah satunya di kawasan wisata pantai, tuturnya kepada wartawan.

 

Menurutnya, gerakan bersih pantai ini harus terus dilakukan oleh berbagai pihak, selain untuk mengurangi masuknya sampah ke lautan, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan laut.

 

“Kalau pantainya bersih dan sehat kan nantinya jadi banyak pengunjung wisata datang, selain bisa mengangkat Wisata Kulonprogo juga bisa menambah pundi-pundi rupiah untuk warga pelaku usaha pariwisata.” jelasnya.

 

Di tempat berbeda Kabagops Kompol Budi Kustanto, S.H., M.H., bersama anggota dan partisipan yang menyisir Pantai Trisik menyampaikan, karena Laut berkontribusi cukup besar terhadap kehidupan masyarakat pesisir maka perlunya menjaga kebersihan dan keseimbangan ekosistem laut untuk keberlangsungan hidup.

 

“Nantinya sampah yang sudah terkumpul kemudian kita pilah dan kelola sesuai prosedur yang sekiranya tidak mencemari lingkungan, diharapkan kegiatan ini dapat menciptakan lingkungan yang bersih sehingga pengunjung/wisatawan dapat nyaman dalam berlibur”, ucapnya.

 

Sebagai informasi, kegiatan Membersihkan Sampah Seretak Bersama Polri ini dilakukan juga di pusat-pusat kegiatan masyarakat diantaranya Pasar Wates, Pasar Kenteng Nanggulan, Sub. Terminal Bendungan, Pasar Samigaluh, Pasar Hewan Terpadu Pengasih, Terminal Ngeplang Sentolo dan Waduk Sermo Kokap.

 

Kapolres Kulonprogo AKBP Nunuk Setiyowati, S.I.K., M.M., melalui Ps. Kasi Humas Iptu Triatmi Noviartuti, S.Sos., M.M., menuturkan kepada awak media “Diharapkan semua elemen dan instansi terkait dapat mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan juga mengurangi pemakaian plastik sekali pakai agar tidak berdampak pada kerusakan lingkungan”.

 

"Mudah-mudahan kedepan kondisi Pantai dan fasilitas umum lainnya di Kulonprogo ini dapat terus terjaga kebersihannya dari sampah baik organik maupun non organik dan tentunya hal itu juga harus ada kepedulian dari masyarakat dan pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan", pungkasnya.

 

Salah satu warga paguyuban pengelola wisata bapak Bento,  menyampaikan apresiasi, dan ucapan terimakasih kepada Polri dan seluruh pertisipan yang berperan aktif dalam giat bersih pantai ini, ucapnya

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar