Selamat Datang Di Website Resmi Tribrata News Polres Kulonprogo KAMI MEMANG BELUM SEMPURNA, TAPI KAMI BERUSAHA UNTUK MENJADI YANG TERBAIK

Entri yang Diunggulkan

KAPOLSEK KALIBAWANG HADIRI PENGAJIAN RUTIN TINGKAT KAPANEWON

    Kalibawang - Hari ini Rabu tanggal 08 Mei 2024, Kapolsek Kalibawang AKP Zainuri, S.H., M.H., menghadiri pengajian Rutin Aparat tingkat K...

Selasa, 27 Juni 2023

KAPOLSEK KALIBAWANG HADIRI PERTEMUAN PELAKSANAAN GERAKAN PENCEGAHAN PENYAKIT PRIORITAS

 


 

Kalibawang. Bertempat di aula Puskesmas Kalibawang Ps. Kapolsek Kalibawang hadiri giat pertemuan Pelaksanaan Gerakan Pencegahan Penyakit Prioritas, membahas tentang ODGJ warga Kalibawang, yang di laksanakan oleh Puskesmas Kalibawang.

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Panewu Kalibawang Bapak Hening Nurcahya, A.P., M.M., Kapolsek Kalibawang AKP Zainuri, S.H., M.H., Kepala Puskesmas Kalibawang Dr. Theresia Rudatun dan Linsek Kalibawang

 

 

Berkaitan dengan hal tersebut Puskemas sudah membentuk TPKJM (Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat) yang bertujuan untuk menangani warga ODGJ di wilayah Kapanewon Kalibawang.

 

Dalam hal Ibu Triska sebagai nara sumber dari puskesmas Kalibawang menyampaikan apa itu devinisi Kesehatan jiwa adalah kondisi dimana seorang  individu dapat berkembang aecara fisik, mental, spritual dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuan sendiri, dapat mengatasi tekanan, dapat bekerja secara produktif, dan mampu memberikan berkontribusi untuk komunitasnya.

Bahwa orang yang sudah mengalami ODGJ mereka tidak bisa disembuhkan, namun untuk menstabilkan dengan minum onat secara teratur. Pada tahun 2022 di wilayah kalibawang jumlah ODGJ sebanyak 152 orang, dari wilayah Banjararum 43 orang, Banjarasri 38 orang, Banjarharjo 44 orang dan Banjaroyo 28 orang. Laki-laki 95 orang dan perempuan 57 orang.

 

Selanjutnya Kepala Puskesmas Kalibawang Dr. Theresia Rudatun menyampaikan penanganan dari Puskesmas Kalibawang kepada warga ODGJ yang memerlukan penanganan kusus untuk segera di tindak lanjuti contoh mengambil cincin dari baja/laker di jari manisnya yang tidak bisa di lepas, kepada Bp. Suryadi, Degan I, Banjararum. Puskesmas bekerja sama dengan Rumah Sakit dan Damkar berhasil melepaskan cincin tersebut.

 

Dalam hal ini Ps. Kapolsek Kalibawang AKP Zainuri, S.H., M.H., menyampaikan bahwa, Peran Polisi melalui Bhabinkamtibmas siap membantu dalam penangangan ODGJ (pengawalan ke RS Jiwa, OGGJ yang mengamuk),

“Kepolisian Sektor Kalibawang akan membantu, mendukung semua kegiatan Puskesmas dalam tujuan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Kalibawang” kata Kapolsek .

 

0 komentar:

Posting Komentar