Selamat Datang Di Website Resmi Tribrata News Polres Kulonprogo KAMI MEMANG BELUM SEMPURNA, TAPI KAMI BERUSAHA UNTUK MENJADI YANG TERBAIK

Entri yang Diunggulkan

Jaga Keamanan Wilayah, Personel Polsek Pengasih Laksanakan Patroli

   Polsek Pengasih melaksanakan Patroli di Jalan Pengasih - Sermo pada malam hari yang dipimpin Pawas Aiptu Haryadi bersama anggota Unit sam...

Rabu, 21 Juni 2023

BHABINKMATIBMAS BANJARARUM HADIRI SOSIALISASI KESEHATAN SERTA TATA CARA PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN

 


 

Kalibawang. Menjelang Hari Raya Idul adha, pemerintah mensosialisasikan kepada masyarakat tentang kebutuhan hewan qurban yang sehat dan layak untuk di konsumsi oleh warga masyarakat, guna menghindari penularan penyakit hewan kepada manusia. Kegiatan tersebut di selenggarakan oleh Puskesmas Kalibawang serta perwakilan dari Kasi Kesehatan Kabupaten Kulonprogo.

 

Melalui kegiatan ini nara sumber DrH. Restu berharap masyarakat selalu waspada serta mengecek kondisi kesehatan hewan ternaknya, sehingga tidak ada yang terjangkit penyakit hewan. Dan Kami juga ingin hewan qurban diwilayah Kapanewon Kalibawang, dan Kalurahan Banjararum, jangan sampai memperjual belikan hewan qurban dalam kondisi sakit atau tidak sehat.

 

Bhabinkamtibmas juga telah memastikan bahwa sampai saat ini kondisi kesehatan hewan ternak warga di wilayah Kalurahan Banajrarum aman tanpa ada penularan penyakit hewan ternak.

 

Diharapkan juga, warga masyarakat dan peternak aktif, jika ada hewan suspect atau terpapar penyakit hewan segera lapor ke Kalurahan ataupun dinas kesehatan hewan di wilayahnya dan atau bisa juga ke polsek Kalibawang.

 

Dalam giat tersebut juga di sampaikan oleh nara sumber Bpk. DrH. Joko Purwoko untuk menyembelih herwan kurban, ada tata cara berkurban yang harus diikuti. Paling utama adalah robohkan hewan dengan kepala menghadap kiblat, awali dengan membaca bismillah, lakukan sekali dengan gerakan potong pada leher hewan kurban, gantung kaki belakang hewan setelah disembelih, ikat saluran makanan dan dubur hewan.

 

Setelah itu lakukan pengulitan perlahan, keluarkan isi dalam hewan dan pisahkan, bungkus terpisah dengan plastik khusus makanan, sehingga nantinya daging qurban tidak terkontaminasi bahkan tercampur dengan kotoran hewan qurban, dan yang pasti jagalah kebersihan daging kurban.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasi Kesehatan hewan masyarakat Kabupaten Kulonprogo Bp. DrH. Joko Purwoko, petugas kesehatan Puskesmas Kalibawang DrH. Restu, Lurah Banjararum Bp. Warudi, Kamituwo Kalurahan Banjararum serta perwakilan Ketua takmir Masjid se-Kalurahan Banjararum.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar