Selamat Datang Di Website Resmi Tribrata News Polres Kulonprogo KAMI MEMANG BELUM SEMPURNA, TAPI KAMI BERUSAHA UNTUK MENJADI YANG TERBAIK

Entri yang Diunggulkan

KAPOLSEK KALIBAWANG HADIRI PENGAJIAN RUTIN TINGKAT KAPANEWON

    Kalibawang - Hari ini Rabu tanggal 08 Mei 2024, Kapolsek Kalibawang AKP Zainuri, S.H., M.H., menghadiri pengajian Rutin Aparat tingkat K...

Kamis, 21 Desember 2023

Operasi Lilin Progo 2023, Polres Kulonprogo Siap Amankan Perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

 

Kulonprogo - Pastikan persiapan dan kesiapan pengamanan Nataru, Polres Kulonprogo menggelar Apel Gelar Pasukan di Halaman Makopolres Kulonprogo. Kamis (21/12/2023).

Apel Gelar Pasukan dengan sandi Operasi Lilin Progo 2023 ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan natal 2023 serta tahun baru 2024 (nataru) dapat berjalan dengan optimal.

Dipimpin langsung oleh Kapolres Kulonprogo AKBP Nunuk Setiyowati, S.I.K., M.H., yang didampingi Sekda Kab. Kulonprogo Bpk. Triyono, S.IP., M.Si gelar pasukan ini dihadiri Forkopimda Kabupaten Kulonprogo dan diikuti oleh anggota Polres Kulonprogo, unsur TNI (AD, AL, AU), Brimob, Satpol PP, Dishub Kab. Kulonprogo, Basarnas, Damkar hingga Senkom Mitra Polri.

Diawali dengan penyematan pita operasi berwarna merah oleh Kapolres kepada perwakilan personel TNI, Polri dan Dishub menandakan dimulainya Operasi Lilin Progo Tahun 2023.

Kapolres Kulonprogo saat membacakan amanat Kapolri menegaskan bahwa, momen akhir tahun selalu dinanti-nanti oleh seluruh lapisan masyarakat, sehingga pasti berimplikasi pada peningkatan mobilitas masyarakat.

"Oleh sebab itu, dalam rangka pengamanan Nataru, Polri didukung TNI, Pemda, Mitra Kamtibmas dan Stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2023 selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 s/d 2 Januari 2024," tuturnya.

"Pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar, sebagaimana penekanan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa, Natal dan Tahun Baru ini rutinitas tetapi tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok".

"Keberhasilan pengamanan Operasi Lilin 2023 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat kita selesaikan. Oleh sebab itu, kepada seluruh personel pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas," pesan Kapolres mengakhiri amanatnya.

Sementara itu, usai apel gelar pasukan, Kapolres berpesan bagi masyarakat yang akan meninggalkan rumahnya untuk berlibur, agar melaporkan kepada petugas keamanan terdekat.

"Petugas keamanan dalam hal ini satkamling atau petugas RT yang sudah ditunjuk bisa melaporkan ke Bhabinkamtibmas. Nantinya Bhabinkamtibmas akan mendata dan melaporkan kepada Polsek, sehingga dilakukan patrol secara rutin di lingkungan tersebut," tuturnya.

"Bagi masyarakat yang akan berlibur dan meninggalkan wilayah Kulonprogo, Polres Kulonprogo juga menerima jasa penitipan kendaraan baik itu Roda 2 maupun Roda 4 dan tentunya itu tidak dipungut biaya (gratis)," imbuhnya.

Sebagai informasi, Polres Kulonprogo dalam Operasi Lilin Progo 2023 melibatkan 254 personel Polri yang terbagi menjadi 5 Satgas diantaranya Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Kamselticarlantas, Satgas Gakkum dan Satgas Banops.

Adapun Polres Kulonprogo juga mendirikan Pos Pengamanan di 3 titik lokasi diantaranya Pospam Temon, Pospam Wates (alun-alun wates), Pospam Nanggulan dan 5 Pospol tambahan di Glagah, Galur, Ngelo, Ngeplang dan Dekso.

0 komentar:

Posting Komentar