Selamat Datang Di Website Resmi Tribrata News Polres Kulonprogo KAMI MEMANG BELUM SEMPURNA, TAPI KAMI BERUSAHA UNTUK MENJADI YANG TERBAIK

Entri yang Diunggulkan

KAPOLSEK KALIBAWANG HADIRI PENGAJIAN RUTIN TINGKAT KAPANEWON

    Kalibawang - Hari ini Rabu tanggal 08 Mei 2024, Kapolsek Kalibawang AKP Zainuri, S.H., M.H., menghadiri pengajian Rutin Aparat tingkat K...

Senin, 18 Desember 2023

BHABINKAMTIBMAS HADIRI PEMBINAAN KADER KESEHATAN TENTANG PENYAKIT MENULAR MALARIA

 


 

Kalibawang - Bhabinkamtibmas Kalurahan Banjararum Polsek Kalibawang Aipda Suharyatno, menghadiri giat pembinaan kader Kesehatan Kalurahan Banjararum, tentang penyakit Malaria, bertempat di Aula Kalurahan Banjararum, Kalibawang, Jum'at (15/12/2023)

Kegiatan Pembinaan ini dengan nara sumber dari Puskesmas Kalibawang dan menyampaikan bahwa kesehatan saat ini sangat berharga, dan mengajak kepada seluruh warga Kalibawang melalui Kader Kesehatan agar selalu menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya. Dan untuk saling bahu membahu dalam mewujudkan kemandirian kesehatan, melaksanakan gerakan masyarakat sehat, dengan dukungan stakeholder dari tingkat Padukuhan, Kalurahan dan kapanewon.

Memasuki musim penghujan kita perlu mewaspadai penyakit menular yang mungkin timbul seperti Malaria. Meskipun identik dengan musim hujan, penyakit tersebut dapat menyerang manusia di musim kemarau. Terutama di tempat-tempat genangan air atau barang bekas, seperti barang bekas di gudang rumah atau bak mandi yang jarang dikuras.

Malaria disebabkan Plasmodium sp dan ditularkan oleh nyamuk Anopheles sp betina pada petang sampai pagi. Gejala malaria yaitu demam, sakit kepala, berkeringat, menggigil (panas dingin), lesu, muntah, mual (sakit perut), dan diare. Jika mengalami gejala tersebut segera periksakan diri ke Puskesmas atau Rumah Sakit dan habiskan obat. Malaria dapat sembuh total apabila ditangani dengan tepat.

Kita bisa mencegah malaria dengan cara tingkatkan daya tahan tubuh yakni tidur cukup, tidak minum minuman beralkohol, aktivitas fisik minimal 30 menit, minum air putih cukup, makan makanan sehat dan bergizi seimbang, dan tidak merokok.

Kemudian cara untuk menghindari gigitan nyamuk malaria dengan:
- Tidur memakai kelambu anti nyamuk
- Memasang kawat kasa pada jendela/ventilasi rumah
- Menyemprot ruangan dengan semprotan anti nyamuk
- Menggunakan anti nyamuk bakar atau anti nyamuk oles (repellent)
- Waspada gigitan nyamuk malaria jam 06.00 sore – 06.00 pagi
Menjauhkan kandang ternak dari rumah
- Membersihkan lingkungan
- Tidak menggantung kain/pakaian yang bekas pakai
- Apabila keluar rumah pada malam hari, sebaiknya memakai pakaian tertutup (celana panjang, baju lengan panjang, dan sarung)

Disela-sela kegiatan Bhabinkamtibmas  memyampaikan pesan kamtibmas  dan menghimbau  kepada para kader agar selalu waspada tindak penipuan online, mengingat banyak ibu-ibu yg gemar bermain HP maupun belanja online Dihimbau agar ibu-ibu lebih jeli ataupun lebih waspada apabila mendapatkan WA atau telpon dari orang yang belum dikenal yang memberikan informasi terkait pemenang undian berhadiah dan diwajibkan mengirimkan sejumlah uang, jangan mudah percaya, ucapnya

0 komentar:

Posting Komentar