Mobil mogok
sangat sering terjadi, hal ini adalah wajar terutama bagi pemilik mobil yang
baru memiliki mobil, mobil mogok ini bisa terjadi pada mobil baru sekalipun
karena mesin mati di tengah jalan erat kaitannya dengan perawatan rutin mobil.
Pada umumnya mobil mogok disebabkan oleh 2 hal yakni terganggunya sistem
kelistrikan mobil (busi, aki, koil, dll), dan terganggunya sistem pasokan bahan
bakar (selang bensin, karburator, pompa bensin, dll), berikut ini adalah cara
mengatasi jika terjadi mesin mati di jalan.
Dorong Ke
Pinggir
Pinggirkan
mobil, hal ini sangat penting ketika mobil mogok atau berhenti dijalan (tengah
jalan) maka pecinta otomotif harus meminggirkannya untuk perbaikan atau
memeriksa penyebab mobil mogok. Carilah tempat yang rata dan ruang yang cukup
lalu dorong mobil ke pinggir, jika kurang tenaga pendorong maka pecinta
otomotif bisa meminta bantuan orang sekitar jalan untuk sedikit mendorong mobil
ke tempat yang aman untuk dilihat kerusakannya, berikut tahap-tahapnya
Periksa
Lampu Indikator
Hal pertama
yang harus dilakukan adalah melihat lampu indikator mobil, letaknya bisanya
digabungkan dengan odometer (speedometer mobil). Cari lambang-lambang pada
lampu indikator yang berwarna kuning atau merah karena biasanya warna kuning
digunakan sebagai peringatan akan terjadinya gangguan pada komponen tersebut,
sedangkan warna merah menandakan bahwa sudah terjadi gangguan pada salah satu
komponen mobildan harus diperbaiki.
Lampu
indikator ini memiliki banyak simbol antara lain: simbol aki, simbol air radiator,
simbol oli, simbol rem, simbol bahan bakar, simbol mesin, dan lain-lain. Cari
yang berwarna merah misalnya ada simbol air radiator yang berwarna merah hal
ini menandakan jika air radiator sudah habis dan harus diisi, air radiator yang
habis dapat menyebabkan panas berlebih pada mesin sehingga menimbulkan mogok.
Lampu
indikator pada mobil ini sebenarnya terdiri atas 3 warna yakni merah, kuning
dan hijau. Untuk warna hijau menandakan bahwa fungsi normal, kuning menandakan
adanya peringatan sedangkan warna merah harus diperbaiki karena telah rusak,
prinsipnya seperti lampu lalu lintas merah kuning dan hijau.
Jika
Temperatur/ Suhu Mesin Tinggi
Jika pecinta
otomotif menemukan suhu mesin terlalu tinggi, biasanya tertera pada indikator
suhu yang meningkat drastis dan juga mobil keluar asap dari bagian radiator.
Maka kemungkinan air radiator habis atau mendidih, pecinta otomotif bisa
menggantinya dengan air yang masih dingin dan sekalian menunggu mesin dingin
sekitar 30 menit, pecinta otomotif jangan langsung membuka radiator saat
kondisi mesin panas/ suhu tinggi karena kemungkinan air panas tersebut muncrat
sangat tinggi dan bisa mengenai tubuh, tunggulah kira2 30 menit agar air
radiator dingin dan mesin mobil juga dingin lalu bukalah penutup radiator.
Periksa apakah airnya habis/ keruh/ kurang, pecinta otomotif bisa menggantinya
dengan air yang baru jika sudah keruh dan pecinta otomotif bisa menambahkan air
jika habis atau berkurang.
Gejala mobil
mogok karena kepanasan ini sangat sering terjadi pada mobil-mobil yang sudah
cukup tua, kadang-kadang bagi orang yang belum paham mobil keluar asap dari
bagian mesin sudah takutmnya bukan main (padahal itu adalah asap air radiator
yang menguap).
Jika ada
banyak gelembung udara pada air radiator hal ini menandakan cylinder head
melengkung, jika hal ini terjadi segera panggil teknisi (bengkel) untuk segera
ditangani, biasanya mobil akan di derek karena melengkungnya silinderhead
termasuk kerusakan yang parah dan mobil tidak boleh dipaksa jalan.
Jika air
radiator normal (tidak kekurangan air, tidak ada gelembung, tidak keruh) maka
coba cek kipas radiator apakah kipas mati atau hidup. Jika kipas tidak
berfungsi maka air pendingin akan cepat sekali panas sehingga mesin juga akan
cepat panas.
Jika masalah
temperatur atau suhu tidak ada masalah maka pemeriksaan dilanjutkan dengan
suplai listrik atau sistem kelistrikan
Suplai
Listrik dan Pengapian
Periksa
sumber-sumber kelistrikan seperti busi, aki, koil dan cdi sehingga jika terjadi
masalah pada salah satunya maka mobil sulit sekali hidup. Pada intinya sumber
listrik adalah aki sebesar 12 volt kemudian disalurkan ke koil, fungsi koil
adalah meningkatkan tegangan dari aki 12 volt menjadi ribuan volt (dilakukan
oleh koil), tegangan tinggi dari koil ini akan disalurkan melalui capacitor
discharge Ignition (CDI) menuju ke busi, busi akan memberikan percikan api
untuk membakar bahan bakar pada ruang bakar (silinder).
Indikasi
kerusakan sistem kelistrikan adalah jika distarter mobil seperti tidak kuat
hidup maka kerusakan ada pada aki atau koil, jika terjadi hal semacam ini maka
coba terlebih dahulu bersihkan dan kencangkan kabel-kabel aki dan koil karena
pada mobil yang tidak tekor maka aki mobil tidak bisa rusak begitu saja.
berikut tips merawat aki mobil.
Busi yang
sudah soak kadang-kadang juga membuat mobil mogok, periksa kondisi busi apakah
gosong atau tidak, berkerak atau tidak. Bersihkan busi dengan amplas agar nyala
api tidak terhalang oleh kerak, jika busi sudah berwarna coklat lebih baik
diganti dengan yang baru baca tips memeriksa kondisi busi busi rusak sering ditandai
dengan suara ledakan dari knalpot apa lagi setelah di starter.
Cara
memeriksa busi juga bisa dilakukan dengan mencabut salah satu kabel busi lalu
pasang busi cadangan pada kabel busi tersebut dan tempelkan pada mesin mobil
lalu starter, jika ada percikan maka busi masih baik dan jika tidak ada
percikan maka pecinta otomotif bisa melepas semua busi dan membersihkannya.
Lalu
bagaimana dengan CDI rusak, cirinya adalah mobil sering tersendat pada putaran
mesin (rpm) tinggi bahkan sering mati terutama saat tanjakan dan putaran mesin
tinggi, jika terjadi tanda-tanda mobil seperti itu brebet pada rpm tinggi bisa
dikatakan CDI akan rusak dan CDI akan benar-benar rusak saat tidak ada listrik
sama sekali ke busi padahal busi masih baik.
Untuk
kerusakan pada koil biasanya ditandai dengan mobil tiba-tiba mogok setelah
mobil berjalan beberapa kilometer seperti kehilangan strum, meskipun kerusakan
lain juga mungkin terjadi misal bensin habis akan tetapi umumnya ini
indikasi koil yang mengalami gangguan.
Suplai Bahan
Bakar
Jika sistem
kelistrikan normal maka coba periksa saluran bahan bakar mobil mulai dari pompa
bbm, selang bahan bakar, karburator. Cara mengecek pompa bensin rusak adalah
coba cabut slang bensin yang menempel pada karburator lalu masukkan ke botol, coba
starter mobil jika ada bensin keluar lewat slang (ke botol) maka pompa dalam
keadaan baik, jika tidak ada bensin yang keluar maka pompa bensin rusak.
Jika mobil
menggunakan sistem injeksi EFI maka cara mengeceknya dengan memakai kunci no 17
untuk mengendorkan tempat injektor bensin (fuel rail) dekat tali gas (kendorkan
sedikit saja jangan sampai lepas), lalu hidupkan mesin sambil amati apakah
bensin seperti menyempot dengan keras atau tidak, jika masih menyemprot maka
pompa bensin minta diganti. Jangan lupa periksa sekring jika ada yang putus
atau leleh lekas ganti.
0 komentar:
Posting Komentar