Selamat Datang Di Website Resmi Tribrata News Polres Kulonprogo KAMI MEMANG BELUM SEMPURNA, TAPI KAMI BERUSAHA UNTUK MENJADI YANG TERBAIK

Entri yang Diunggulkan

KAPOLSEK KALIBAWANG HADIRI PENGAJIAN RUTIN TINGKAT KAPANEWON

    Kalibawang - Hari ini Rabu tanggal 08 Mei 2024, Kapolsek Kalibawang AKP Zainuri, S.H., M.H., menghadiri pengajian Rutin Aparat tingkat K...

Jumat, 11 September 2015

Kiat aman berkendara dimusim penghujan



Musim penghujan hampir turun, berkendaraan dalam keadaan hujan sangatlah berbeda dengan keadaan cerah, hal ini sangat mengganggu kenyamanan kita dalam berkendara. Untuk itu simaklah tips-tips berkendara berikut ini agar kita dapat mengendarai kendaraan kita dengan aman dan tentram saat hujan.

Pastikan keadaan semua lampu kendaraan dalam kondisi baik.
 Pastikan karet wiper dan karet jendela dalam kondisi yang baik.
 Pastikan air penghapus kaca tercukupi.
 Jika wiper macet atau air penghapus kaca habis, dan Anda tengah berkendara dalam keadaaan hujan, coba gunakan sabun colek. zat kimia di dalam sabun akan membuat air hujan langsung tergelincir jatuh sehingga Anda terhindar dari kaca buram.
 Jangan menerobos genangan air secara sembarangan, karena kita tidak mengetahui seberapa dalam genangan air tersebut dan terdapat lubang atau tidak di dalam genangan air tersebut.
 Kurangi kecepatan saat berkendara di jalan yang basah. Jalanan yang basah memungkinkan terjadinnyaAquaplanning, yaitu terbentuknya lapisan segitiga anatara ban dan permukaan jalan. Hal ini mengakibatkan gangguan dalam sistem pengereman.
 Jika Anda berkendara saat hujan lebat yang disertai petir, segera matikan radio mobil Anda. Beberapa komponen di dalam radio mobil sangat rentan terhadap gangguan petir.
 Saat hujan turun, kondisi jalan raya rawan kemacetan. Lakukan perjalanan jika benar-benar penting.
 Jika mobil terjebak banjir dan tidak memungkinkan dievakuasi, dapat mengurangi risiko kerusakan dengan menutup ujung knalpot. Pastikan kendaraan tidak bergeser dari tempatnya. Dongkrak mobil dan ganjal dengan jack stand (meninggikan posisi mobil) atau pindahkan ke tempat yang lebih tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar